Pelatihan Pengembangan Diri Dosen “Improve Personal Performance” Jurusan Gizi Poltekkes Pangkalpinang

01 July 2020 News

Kunci keberhasilan pencapaian kinerja adalah kapasitas sumber daya manusia yang terdapat pada suatu organisasi. Tiga indikator yang mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia antara lain pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada pegawai. Pegawai dapat mengembangkan diri dan mampu memahami seluk-beluk pelaksanaan pekerjaan lebih mendalam, diantaranya memahami perkembangan institusi, memahami sasaran yang akan dicapai, mengerti akan perlunya kerjasama dalam melaksanakan pekerjaan, mudah memahami Informasi yang disampaikan, memahami setiap kesulitan-kesulitan yang dihadapi, mampu melakukan hubungan-hubungan dengan lingkungan, mampu memahami kebijaksanaan dan peraturan yang berlaku, mampu memahami sistem dan prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan tugas, mampu memahami dan menerapkan perilaku yang mendukung institusi.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan mental untuk tidak pernah menyerah dan senang menjadi orang yang dapat diandalkan; sikap mental yang bertanggung jawab pada kata-kata dan janji yang diucapkan; menjadi pribadi yang bekerja dengan etos dan sikap-sikap profesional, serta membangun mental baja dan kesatria untuk menyelesaikan target dengan tepat waktu.

Kegiatan pelatihan pengembangan diri dosen “improve personal performance” jurusan gizi bertujuan untuk menjadikan peserta lebih akuntable, disiplin diri yang tinggi, berpikir positif, berkemauan kuat untuk sukses, berkepribadian yang kuat dan unggul, mampu mengatasi dan menemukan solusi dalam realitas kehidupan yang rumit, berani dan tidak gentar oleh rintangan apapun, kreatif dan memiliki banyak strategi untuk menuntaskan tanggung jawab.

Selama dua hari, tenaga pendidik dan kependidikan di jurusan gizi berbagi ilmu bersama narasumber dari PT. MIDIATAMA Bapak Apt. Walid Adriansyah, S.Farm, CHERBS, CPS, CT.BNSP. Materi yang diberikan meliputi Training Introduction and Self Assessment, Goal Setting, Road Map and Time Management serta Charismatic Public Speaking.

Dalam pelatihan ini pegawai diajak untuk lebih mengenal potensi diri sendiri dan termotivasi untuk mengembangkan diri melalui penetapan tujuan yang dituangkan dalam peta jalan dan pengaturan waktu yang ditentukan untuk melakukan rencana kerja yang disusun untuk mencapaik tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, di akhir pelatihan, peserta diajak melakukan feedback dan evaluation yang dilakukan antar pegawai. Dimana setiap pegawai juga saling memberikan komentar terhadap sisi positif dari salah seorang pegawai dan memberikan saran masukan terhadap sisi negatif pegawai tersebut. Hal ini dilakukan secara simultan dari satu pegawai ke pegawai lainnya.

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.