WEBINAR SATGAS POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG : “Strategi Pengendalian COVID-19 Menuju Zero Confirmation”

27 July 2020 News

Penambahan jumlah kasus COVID-19 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran antar negara bahkan antar wilayah/kabupaten. Orang yang paling berisiko tertular COVID-19 adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 diantaranya tenaga kesehatan. Berdasar hal tersebut,  Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang bekerja sama dengan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) PPNI Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Strategi Pengendalian COVID-19 Menuju Zero Confirmation” dengan sasaran semua kalangan masyarakat agar penyebaran COVID-19 dapat dicegah dan angka kasus COVID-19 dapat menurun. Selain itu webinar tersebut digagas sebagai bentuk dukungan dan support mental Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang kepada para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

Webinar “Strategi Pengendalian Covid-19 Menuju Zero Confirmation” dilaksanakan pada hari  Kamis, 23 Juli 2020 Pukul 08.00 – 11.30 WIB dengan menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Adapun partisipan yang terdaftar sampai dengan 23 Juli 2020 pukul 08.00 WIB yaitu sebanyak 6012 orang. Kegiatan berjalan sesuai dengan rundown acara yang telah disusun, diawali dengan penayangan tata tertib acara dan video Profil Poltekkes Pangkalpinang serta video Satgas Covid-19 Poltekkes Pangkalpinang.  Acara pembukaan webinar dipandu oleh pembawa acara Sopiahadi, AMd.Kep.  dan dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang (drg. Harindra, MKM). Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan presentasi narasumber yang di pandu oleh moderator Ns. Kartika, S.Kep., MSc. Narasumber pertama adalah Mikron Antariksa, A.Ks.,M.Si dengan judul “Kebijakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Menghadapi Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung”. Beliau adalah Ketua BPBD Provinsi Bangka Belitung dan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung. Narasumber kedua Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung drg. Mulyono Santoso, MHSM dengan judul “Peran Serta Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung”. Narasumber ketiga adalah Prof. Dr. Budi Anna K, S.Kp., MAPP.SC, Guru Besar Keperawatan Jiwa Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dengan judul “Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Bagi Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19”.

Partisipan sangat antusias mengikuti webinar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan untuk narasumber. Link pertanyaan peserta Webinar disampaikan melalui aplikasi pigeon hole lalu dijawab oleh narasumber yang dituju. Kehadiran/absensi partisipan dan evaluasi kegiatan webinar dilakukan dengan menggunakan goggle form. Pukul 11.30 – 12.00 diakhiri dengan penutupan webinar dan foto bersama. Suksesnya acara ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh panitia pelaksana Webinar yang merupakan Tim Satgas Covid-19 Poltekkes Pangkalpinang dan didukung oleh DPK PPNI Poltekkes Pangkalpinang serta IBI Provinsi Bangka Belitung. Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat di tengah situasi pandemi covid-19.

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.