WEBINAR GERAKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MENUJU ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM MENCEGAH COVID 19

01 September 2020 News

Ditengah merebaknya penyakit Covid 19 yang melanda Indonesia dan dunia, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri, atau suami, istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya, tentu memiliki peran penting dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini mengingat lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang pertama bagi anak dan lingkungan utama bagi seluruh anggota keluarga. Peran ibu sangat penting memberi kesadaran terkait pencegahan COVID-19 dan mematuhi protokol kesehatan kepada keluarga  seperti kesadaran mencuci tangan, menjaga kebersihan, memakai masker setiap hari, dan selalu menjaga jarak apabila berada di ruang publik. Kesadaran yang timbul dapat mengurangi penyebaran virus corona dan gejala psikologis yang muncul di tengah-tengah pandemi.

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang  menyelenggarakan kegiatan webinar “Gerakan Pemberdayaan Perempuan Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Mencegah Covid 19” dengan sasaran semua perempuan di Indonesia khususnya ibu-ibu anggota PKK Provinsi/Kabupaten/Kota di Pulau Bangka dan Belitung. Webinar dilaksanakan pada hari  Senin, 31 Agustus 2020 Pukul 08.45 – 11.45 WIB dengan menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Adapun partisipan yang terdaftar sampai dengan 31 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB yaitu sebanyak 800 orang. Kegiatan berjalan sesuai dengan rundown acara yang telah disusun, diawali dengan penjelasan tata tertib acara.  Acara pembukaan webinar dipandu oleh pembawa acara Susan Delilah, SST, M.Kes.  dan dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang (drg. Harindra, MKM). Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan presentasi narasumber yang di pandu oleh moderator Erni Chaerani, S,Pd., MKM. Narasumber pertama adalah Melati Erzaldi, SH dengan judul “Peran ibu Peran Ibudalam Keluarga Terhadap Pencegahan Covid 19 pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru ”. Beliau adalah Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bangka Belitung. Narasumber kedua Ns. Suherman, M.Kep. dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan judul “Sehat Mental dan Dukungan Psikososial pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru”. Narasumber ketiga adalah Ratmawati, S.Gz, M.Gz. dengan judul Peran Ibu dalam Optimalisasi Pesan Isi Piringku pada  Norma Kebiasaan Baru”. Beliau adalah dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

Partisipan sangat antusias mengikuti webinar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan untuk narasumber. Pertanyaan peserta Webinar disampaikan melalui menu QnA atau Chat pada ruang zoom,  lalu dijawab oleh narasumber yang dituju. Kehadiran/absensi partisipan dan evaluasi kegiatan webinar dilakukan dengan menggunakan goggle form. Pukul 11.50 – 12.00 WIB  diakhiri dengan penutupan webinar dan foto bersama. Suksesnya acara ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh panitia pelaksana Webinar yang merupakan Tim Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi perempuan atau para ibu di Provinsi Bangka Belitung khususnya dan di Indonesia pada umumnya  dalam mencegah covid 19.

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.