Desa Binaan Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

23 October 2020 News

Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) sebagai bagian dari integral pembangunan nasional diharapkanmempunyai kontribusi yang besar daam meningkatkan kkesejateraan masyarakat secara berkelanjutan.  Pembangunan IPTEKS harus tanggap dalam menghadapi perubahan global dan dalam menghadapi munculnya tatanan baru kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk itu mengantisipasi tantangan adanya globalisasi tsb maka salah satu upaya yang ditempuh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) adalah dengan memberi bekal pengalaman dan Kerjasama kepada dosen dan mahasiswa melalui Tridharma Perguruan Tinggi.

Poltekkes Kemenkes PangkalPinang dalam mengemban amanat Tridharma Perguruan Tinggi sangat penting untuk berpartisipasi pada upaya pembangunan nasional dan sesuai dengan visi dan misi, berkewajiban menyelenggarakan pengabdian masyarakat disamping melaksanakan Pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Poltekkes kemenkes PangkalPinang telah menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Desa Binaan sejak tahun 2017 di Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepuluan Bangka Belitung.

 

Adapun tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah terwujudnya pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang bermanfaat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peran dan partisipasi Poltekkes Kemenkes PangkalPinang dalam peningkatan derajat Kesehatan masyarakat serta mendiseminasikan hasil-hasil Pengabdian Masyarakat yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat daya saing nasional, dan menyelesaikan permasalahan Kesehatan maupun permasalahan di masyarakat umum.

Penyelenggaraan  kegiatan Desa Binaan dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Poltekkes Kemenkes PangkalPinang yang bekerjasama dengan  Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Farmasi dan Gizi.
Ketua Pelaksana kegiatan Desa Binaan Ns. H. Abdul Kadir Hasan, SST, M..Kes mengatakan pelaksanaan kegiatan dari tanggal 26-27 Agustus 2020 di Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru, yang tidak jauh atau ± 7,3 KM dari dari Poltekkes Kemenkes PangkalPinang. 

Kepala Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Erni Chaerani, SPd, MKM mengatakan kegiatan Desa Binaan ini merupakan Partisipasi Poltekkes Kemenkes PangkalPinang dalam  upaya pembangunan nasional dan sesuai dengan visi dan misi, berkewajiban menyelenggarakan pengabdian masyarakat disamping melaksanakan Pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Pembukaan kegiatan Desa Binaan di Desa Tanjung Gunung dihadiri oleh Wakil Direktur 2 Antarini, SKM, M.Kes sekaligus membuka kegiatan dan dihadiri dari Kepala Puskesmas Benteng diwakili oleh Ibu Novi selaku Petugas Promkes, Kepala Desa Tanjung Gunung Muslim, SPd dan Bidan Desa Tanjung Gunung serta teman-teman dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Gizi serta Kader Posyandu.

Dimana dalam kata sambutannya wadir 2, Antarini, SKM, M.Kes  mengucapkan terima kasih kepada Kades Desa Tanjung Gunung dan juga masyarakat Desa serta Kader Posyandu yang selama ini telah mendukung atas kegiatan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari tahun 2017.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam Desa Binaan yaitu pengecekan GDS/GDP, Asam Urat, kolesterol yang dilakukan oleh jurusan Keperawatan, Pelatihan Kader tentang Deteksi Dini dan Simulasi Tumbuh Kembang Anak yang dilakukan oleh Jurusan Kebidanan, Sedangkan Penyuluhan dan Demo masak pengolahan bahan pangan local dalam mencengah Stunting serta survey Uji Organoleptik , dimana hasil survey menyukai produk Nugget Ikan  secara keseluruhan (rasa, warna, aroma dan tekstur) sebesar 64, 7 %, dan produk Bolu Pisang secara keseluruhan (rasa, warna, aroma dan tesktur) sebesar 76,5 %. Begitu juga jurusan farmasi memberikan penyuluhan tentang informasi obat selama pandemic Covid 19, dimana hasil survey Pre dan Post Test tentang Virus Corona (Covid 19), dimana masyarakat rata-rata  sudah tau akan Viirus Corona dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam New Normal khususnya tentang perlunya memakai masker, mencuci tangan serta menjarak jarak dalam tatanan kehidupan baru.

 

Muslim   SPd selaku Kades Desa Tanjung Gunung mengucapkan terima kasih atas bantuan selama ini dalam membantu Desa Tanjung Gunung terutama masalah Kesehatan serta telah banyak berpartisipasi dalam kegiatan. Begitu pihak PKM Benteng menngucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini terutama membantu PKM Benteng dalam Kesehatan. Pada tanggal 02 Oktober 2020 diadakan Kegiatan evaluasi Desa Binaan Desa Tanjung Gunung yang dihadiri Kades Desa Tanjung Gunung Muslim, SPd.I, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepala Puskesmas Benteng, dr. Dining serta Bidan desa Desa Tanjung Gunung. 

Dalam kegiatan evaluasi Desa Binaan dipaparkan oleh Koordinator Pengabmas Ns. H. H. Abdul Kadir Hasan, SST, M.Kes mengatakan hasil kegiatan pengecekan GDP/GDS paling tinggi 172mg/dL (70-120mg/dL), asam urat 9,9mg/dL (2,,5-5,7mg/dL), kolesterol tertinggi 307mg/dL (120-150mg/dL). Sedangkan jurusan kebidanan melakukan deteksi dini dan simulasi tumbuh kembang anak yang menggunakan KPSP pada anak  berumur  12 bulan dengan mengevaluasi dan mempraktekkan simulasi dan deteksi dini tumbuh kembang anak, agar kader bisa melakukan kegiatan di Posyandu.

Untuk jurusan gizi melakukan demo masak bahan pangan local serta uji organoleptic dalam bentuk kuesioner dengan melihat rasa, warna, aroma dan testur. Hasil survey dimana kader Posyandu menyukai produk hasil olahan nugget ikan tenggiri 64,7 % serta olahan Bolu pisang 76, 5?ri melihat rasa, warna, aroma dan testur.

Sedangkan jurusan Farmasi  penyuluhan tentang informasi obat selama pandemic Covid 19, dimana jurusan farmasi juga mengadakan survey tentang materi yang diberikan. Hasil  survey Pre nilai tertinggi 10 ada 6 orang sedangkan  Post Test nilai tertinggi 10 ada 17 orang. Dimana kader Posyandu sudah menngerti tentang Virus Corona (Covid 19), dimana kader posyandu dan masyarakat rata-rata  sudah tahu akan Viirus Corona dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam New Normal khususnya tentang perlunya memakai masker, mencuci tangan serta menjarak jarak dalam tatanan kehidupan baru.

Hanya masyarakat dalam kehidupan sehari-hari belum begitu memahami perlunya melaksanakan 3 M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak 1-2 meter) dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam paparan evaluasi desa binaan, Koordinator pengabmas menyarankan kepada Kades Desa Tanjung serta Kader Posyandu untuk segera menindaklanjuti hasil evaluasi terutama masyarkat yang asam urat, kolesterol yang tinggi segera ditangani, baik oleh bidan desa maupun PKM Benteng. Karena pengaruh factor lingkungan, terutama masyarakat Desa Tanjung kebanyakan Nelayan, untuk pola makan sehari-harinya banyak mengkonsumsi seafood yang merupakan hasil sendiri.

Tak lupa pula Kades Tanjung Gunung serta Kapus PKM Benteng mengucapkan terima kasih atas selama ini telah membantu dalam masalah Kesehatan yang dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes PangkalPinang. Terutama untuk masyarakat Desa Tanjung Gunung yang telah diberikan penyuluhan serta pengetahuan masalah Kesehatan, pada dasarnya masyarakat Desa Tanjung Gunung juga mengucapkan terima kasih sudah 3 tahun dalam meembantu masalah Kesehatan dan mengharapkan Kembali jika perlu bantuannya. Erni   Chaerani, SPd, MKM mewakili Direktur Poltekkes Kemenkes PangkalPinang Mengucpakan terimakasih juga atas kerjasamanya dari tahun 2017-2020, mohon maaf jika ada kekurangan selama ini dan yang belum terlaksana atas kegiatannya.

 

 

 

 

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.