WORKSHOP IPE

25 January 2019 News

Pada tanggal 25 Januari 2019, bertempat di Aula Lt.3 Kampus A Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang diadakan Workshop Interprofessional education (IPE). IPE adalah suatu pelaksanaan pembelajaran yang diikuti oleh dua atau lebih profesi yang berbeda untuk meningkatkan kolaborasi dan kualitas pelayanan dan pelaksanaanya dapat dilakukan dalam semua pembelajaran, baik itu tahap sarjana maupun tahap pendidikan klinik untuk menciptakan tenaga kesehatan yang profesional. Beberapa ahli mengungkapkan IPE dapat menjadi dasar dalam pembentukan kolaborasi. Seperti halnya pendapat Mendez et. al.,(2008) IPE merupakan hal yang potensial sebagai media kolaborasi antar profesional kesehatan dengan menanamkan pengetahuan dan skill dasar antar profesional dalam masa pendidikan. IPE merupakan hal yang penting dalam membantu pengembangan konsep kerja sama antar profesional yang ada dengan mempromosikan sikap dan tingkah laku yang positif antar profesi yang
terlibat di dalamnya. Dengan adanya Pendidikan Tinggi yang menyelenggarakan beberapa program pendidikan kesehatan maka akan sering terjadi interaksi dan berkolaborasi antar profesi kesehatan. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan untuk pengembangan konsep IPE di Indonesia. Pengaplikasian IPE dapat berupa kuliah pakar dari beberapa latar belakang pendidikan seperti Keperawatan, Ahli Gizi, Kebidanan, dan Farmasi serta diskusi dalam pemecahan kasus dengan pendekatan dari beberapa aspek kesehatan. 

Narasumber kegiatan ini adalah Ibu Emy Suryani, M.Mid  selaku tim POKJA kebidanan Asosiasi Peneliti Kesehatan Indonesia. 

Melalui kegiatan ini para tenaga pendidik di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang
diharapkan dapat:
a. Agar tenaga pendidik rumpun bidang ilmu kesehatan lebih mengenal peran profesi
kesehatan lain
b. Untuk meningkatkan pemahaman interdisipliner dan meningkatkan kerjasama
c. Untuk mengarahkan tenaga pendidik dalam membantu mempersiapkan mahasiswa
bidang ilmu kesehatan untuk nantinya mampu terlibat dan berkontribusi aktif dalam
Collaborative practice

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.