WORKSHOP PENYUSUNAN LAPORAN BEBAN KERJA DOSEN TAHUN 2019

27 February 2019 News

PANGKALPINANG (27/2) - Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen pasal 8 menyatakan bahwa tugas utama dosen adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademik. Sedangkan profesor atau guru besar adalah dosen dengan jabatan akademik tertinggi pada satuan pendidikan tinggi dan mempunyai tugas khusus menulis buku dan karya ilmiah serta menyebarluaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat. Pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan. Kompetensi dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana yang ditunjukkan dalam kegiatan profesional dosen. Untuk itu dosen wajib  menyusun dan melaporkan kegiataannya setiap semester untuk kemudian dievaluasi kinerjanya setiap periode waktu yang ditentukan. Untuk menjamin pelaksanaan tugas dosen berjalan baik sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang undangan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Beban Kerja Dosen.

Kegiatan berlangsung selama dua hari(25-26 Februari 2019). Jumlah peserta sebanyak 37 Dosen/Tenaga Pendidik, kegiatan dilaksanakan di Aula Pertemuan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan narasumber :

  1. Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono, M.Pd Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
  2. Devi Mediarti, S.Pd, S.Kep, M.Kes salah satu asesor untuk Dosen Poltekkes Kemenkes Pangkalpiang dari Poltekkes Kemenkes Palembang.

Dengan adanya Workshop Penyusunan Laporan Beban Kerja Dosen diharapkan tersusunnya Laporan Beban Kerja Dosen yang Akuntabel dan sesuai dengan perhitungan beban sks pada setiap bidang tridharma, kegiatan penunjang, dan tugas tambahan. Adapun tujuan kegiatan Workshop ini adalah:

  1. Dosen memahami regulasi, prosedur dan pengisian form-form BKD menggunakan software.
  2. Dosen memahami perhitungan beban sks pada setiap bidang tridharma, kegiatan penunjang dan tugas tambahan.
  3. Dosen dapat menyusun laporan BKD dan mengentrikan bukti pelaksanaan kegiatan dalam semester
  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.