Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Gelar Lomba Peringatan HKN Ke-55

13 November 2019 News

Hari Kesehatan Nasional (HKN) berlangsung setiap tanggal 12 November. Tema HKN Ke-55 Tahun 2019 adalah “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Peringatan Hari Kesehatan Nasional bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Peringatan HKN biasanya disambut dengan beragam rangkaian kegiatan kesehatan baik di pusat maupun daerah.

Logo

Logo memvisualisasikan manusia sedang mengangkat kedua tangan yang menggambarkan gotong royong, bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan.

Garis tengah yang memiliki makna perjalanan dari bawah menuju ke atas. Yang bercerita mengenai alur menuju kesempurnaan (lingkaran), yang mengartikan perjalanan menuju keberhasilan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia indonesia yang lebih sehat, produktif, mandiri, dan unggul. Lingkaran mempunyai makna kesempurnaan, tidak terputus, tidak memiliki awal atau akhir, memilki kualitas, dapat diandalkan, sesuatu yang sempurna, serta kehidupan.

Tujuan HKN 55

Momentum Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Rangkaian Kegiatan HKN 55 di Pusat

Kegiatan HKN mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan semua sektor akan semakin sadar pentingnya pembangunan kesehatan.

Pengabdian Masyarakat

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini penyakit Tidak Menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bersih-bersih di tempat umum dan senam bersama, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk hidup berperilaku bersih dan sehat (PHBS) dan senantiasa melaksanakan Germas.

Kegiatan Ilmiah

Menggelar seminar sehari, Disertasi Expo, pemilihan peneliti berprestasi di lingkungan Kementerian Kesehatan serta Seminar Forum Bisnis dan Hak Asasi Manusia.

Olah Raga dan Lomba

Terdiri dari kegiatan eksternal dan internal Kementerian Kesehatan. Kegiatan eksternal antara lain lomba klinik pratama sehat, green hospital serta FKTP Berprestasi yang melibatkan K/L lain. Kegiatan internal menyajikan perlombaan di bidang olah raga dan olahan kreasi makanan dan minuman dengan bahan utama daun kelor, serta lomba akupresur mandiri di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pameran dan Family Gathering

Pameran pembangunan kesehatan tahun ini akan dilaksanakan di ICE-BSD, Serpong, Banten, merupakan pameran yang melibatkan lintas sektor, dunia usaha dan organisasi masyarakat, yang saling bertukar informasi tentang pencapaian yang telah mereka raih dalam membangun kesehatan.

Publikasi dan Penghargaan

Kegiatan publikasi dilakukan melalui media cetak, media elektronik dan sosial media. Pemberian penghargaan sebagai wujud apresiasi pada pihak yang telah berjasa dan berprestasi dibidangnya, diberikan saat gelar pameran pembangunan kesehatan dan saat upacara. “Anugerah Menteri Kesehatan” merupakan penghargaan dari Menteri Kesehatan kepada individu atau perorangan yang telah berperan dan berkontribusi luar biasa dalam mendukung keberhasilan program pembangunan bidang kesehatan, sehingga dapat menginspirasi dan memberikan daya guna bagi lingkungan sekitarnya.

Upacara dan Tabur Bunga

Mengenang jasa pahlawan terutama mereka yang berjasa di bidang kesehatan, merupakan salah satu rangkaian kegiatan HKN ke-55. Upacara Peringatan HKN dan tabur bunga di taman makam pahlawan akan meningkatkan semangat jiwa untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Acara Puncak

Memeriahkan 55 tahun HKN, akan diisi dengan kegiatan car free day, senam bersama, karnaval, pesta kostum, bermain angklung, flash mob, kumpul bareng para komunitas, panggung musik hingga doorprize. Kegiatan akan dilakukan tanggal 24 November 2019 di Lapangan Parkir Sarinah, Jakarta.

(Sumber : http://promkes.kemkes.go.id/hari-kesehatan-nasional-hkn-ke-55-tahun-2019-generasi-sehat-indonesia-unggul)

Rangkaian Kegiatan HKN 55 di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang pada peringatan HKN tahun ini menyelenggarakan beberapa kegiatan dengan tema "Generasi Sehat, Indonesia Unggul", diantaranya seperti lomba pertolongan pertama yang diikuti SMP dan SMA yang ada di Kota Pangkalpinang Serta beberapa perlombaan olahraga yang diikuti oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Rangkaian kegiatan pada peringatan HKN tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d 21 November 2019. Dengan acara puncak pembagian hadiah dan beberapa pentas seni dari UKM Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang pada 22 November 2019.

Selain mengadakan berbagai kegiatan, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional  Ke 55 Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang juga mengikuti beberapa perlombaan yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Bangka Belitung seperti Lomba Senam Bedincak dan Cerdas Cermat Kesehatan. Pada kegiatan ini Poltekkes Kemenkes berhasil mendapatkan juara ke 3 untuk ke dua lomba tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan pada  7 s.d 11 November 2019.

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.