Unit Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Selenggarakan Workshop K3

21 February 2020 News

UNIT LABORATORIUM TERPADU

Hari Rabu-Kamis (19-20 Februari 2020), Unit Laboratorium Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan kegiatan “Workshop Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Laboratorium Pendidikan". Narasumber pada kegiatan workshop ini Dr. Novrikasari, S.K.M.,M.Kes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya dan Abdurrachman Effendi, ST., M.TI, beliau adalah PLP Ahli Muda dari Universitas Lampung. Kegiatan ini di ikuti oleh 30 peserta yang pelaksanaannya di Hotel Soll Marina, Bangka Tengah.

Laboratorium adalah tempat berkumpulnya berbagai jenis bahan kimia, bahkan bahan kimia yang tidak digunakan didalam proses produksi berada di laboratorium. Mesipun dari sisi volume, jumlah bahan kimia di laboratorium tergolong relative sangat kecil jika dibandingkan dengan volume bahan kimia dibagian produksi atau gudang, namun tingkat bahaya yang ada dilaboratorium tidak bisa diabaikan begitu saja. Sudah banyak kejadian kecelakaan yang berasal dari laboratorium yang kemudian menyebar ke tempat lain. Proses eksperimen yang dilakukan di laboratorium seringkali tidak bisa diestimasi bahaya yang dapat terjadi jika laboran tidak mengenali dengan baik bahaya bahan kiia yang digunakan. Potensi bahaya di laboratorium yang harus di waspadai dan dikendalikan seperti proses pencampuran atau eksperimen, penyimpanan bahan kimia, pembuangan sisa bahan kimia, kesalahan penggunaan bahan kimia dan pajanan terhadap laboran.

Workshop Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Laboratorium Pendidikan ini akan membantu peserta dalam memahami aspek-aspek K3 yang terdapat dalam laboratorium. Kegiatan Workshop ini bertujuan agar peserta memahami konsep keselamatan kerja di laboratorium, mampu melakukan identifikasi bahaya di laboratorium, dan mampu menentukan alat perlindungan diri yang tepat untuk digunakan di laboratorium.

  • Upcoming Events

  • Statistics

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.