Kegiatan Workshop Pelayanan Prima

25 November 2020 News

Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pegawai dan berakhir pada persepsi pegawai. Semua yang menerima pelayanan, baik menggunakan jasa akan memberikan penilaian yang berbeda-beda terhadap pelayanan yang diterimanya. Hal ini karena pelayanan yang diberikan oleh Institusi mempunyai karakteristik yang beragam. Pelayanan prima adalah layanan yang membuat pelanggan atau pegawai merasa penting, karena pelanggan atau pegawai diposisikan sebagai mitra. Pelayanan prima adalah pelayanan terpadu yang ramah, tepat, cepat yang mengutamakan kepuasan pelanggan secara optimal. kepuasan pegawai  adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja produk atau hasil yang ia rasakan dengan harapannya.

Kepuasan pegawai ditentukan oleh kualitas produk dan layanan yang dikehendaki oleh pegawai, sehingga kualitas pelayanan menjadi prioritas utama bagi instansi. pegawai selalu menilai suatu layanan yang diterimanya dibandingkan dengan apa yang diharapkan atau diinginkan. Suatu kepuasan dari sebuah pelayanan harus disertai dengan loyalitas pegawai. Kepuasan pegawai menyangkut apa yang diungkapkan oleh pegawai tentang pandangan atau opini dan harapan terhadap pelayanan yang diperoleh. Sedangkan loyalitas berhubungan dengan apa yang dilakukan pegawai setelah berinteraksi dalam suatu proses layanan Institusi.

Pelayanan prima sangat penting dalam sebuah Institusi, untuk mengembangkan instansi atau organisasi yang unggul dan berkualitas serta memberdayakan masyarakat, sehingga akan memberikan kepercayaan terhadap perusahaan. Pelayanan prima akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan instansi, dalam proses menjalankan perusahaan, organisasi, atau instansi pelayanan yang maksimal terhadap instansi atau rekan kerja sangat diutamakan.

Tujuan dari Workshop Pelayanan Prima ini adalah memberikan pelayanan dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat, secara konsisten dan akurat di lingkungan Poltekkes Pangkalpinang. Kegiatan Workshop Pelayanan Prima dilaksanakan di Soll Marina Hotel pada tanggal 23-24 November 2020. Narasumber dalam workshop ini yaitu Bapak Fatkhul Mu’in. Adapun materi yang disampaikan diantaranya yaitu Materi sikap dasar pelayanan prima, Pengantar layanan prima, Komunikasi dalam pelayanan serta Character Building. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari berbagai unit kerja di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Biaya Workshop Pelayanan Prima Poltekkes Pangkalpinang dibebankan pada DIPA Poltekkes Pangkalpinang tahun anggaran 2020.

Workshop Pelayanan prima diselenggarakan dengan harapan semua civitas akademika di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang harus menanamkan pada dirinya sendiri akan kesadaran diri untuk memberikan pelayanan dengan penuh antusias. Pelayanan yang baik akan memberikan nilai tambah ini dapat dicapai dengan memberikan perhatian secara optimal dan berguna dalam memperbaiki dan mengevaluasi kinerja pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada pegawai lain.

 

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.