WORKSHOP PENGELOLAAN BARANG PERSEDIAAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG TAHUN 2020

03 December 2020 News

Barang Milik Negara yang berada dilingkungan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang merupakan barang milik negara yang berada dibawah kewenangan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dimana Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang sebagai salah satu Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pengelolaan Barang Milik Negara merupakan kewajiban setiap Unit Akuntansi Pengguna Barang baik di tingkat  satuan kerja maupun wilayah. Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berkewajiban  mendukung  dalam  menciptakan  pemerintahan  yang  bersih  tersebut,  yaitu  melalui  pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga penyampaian  Laporan  Barang  Pengguna  (LBP)  dan  Laporan  Keuangan  tingkat  UAKPB  dapat  dilakukan  tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang mempunyai tugas selain menyiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kesehatan profesional bidang kesehatan yang beriman dan bertaqwa, kreatif, inovatif, juga harus menerapkan sistem pengelolaan BMN di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Barang Persediaan adalah agar dapat mengelola persediaan menjadi lebih tertib, rapid dan efisien,untuk menjaga Stok persediaan barang jangan sampai barang berlebih, dan untuk mengantisipasi kekurangan persediaan.

Kegiatan Workshop Pengelolaan Barang Persediaan dilaksanakan di Soll Marina Hotel, Kabupaten Bangka Tengah pada tanggal 1-2 Desember 2020. Narasumber dalam workshop ini yaitu Bapak Muhammad Ridha, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Pangkalpinang. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari berbagai unit kerja di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang Barang Persediaan, Pengelolaan Barang Persediaan di Unit Laboratorium dan Penyusunan RAB Habis Pakai Penelitian. Biaya Workshop Pelayanan Prima Poltekkes Pangkalpinang dibebankan pada DIPA Poltekkes Pangkalpinang tahun anggaran 2020.

Workshop Pengelolaan Barang Persediaan diselenggarakan dengan harapan guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran setiap pegawai dalam arti pentingnya pengelolaan persediaan.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.