PELATIHAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)

10 September 2020 News

Kecelakaan kerja tidak saja menimbulkan korban jiwa maupun kerugian materi bagi pegawai tetapi juga dapat mengganggu proses administrasi dilingkungan kerja. Salah satu akibat dari kecelakaan kerja yaitu terjadinya kebakaran di tempat kerja. Kebakaran merupakan salah satu musibah yang paling sering dihadapi dan dapat terjadi karena bencana alam maupun ulah manusia. Seiring dengan banyak terjadinya bencana alam, kompleksitas bangunan gedung yang ada di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yang digunakan sudah seharusnya diiringi pula dengan peningkatan perlindungan terhadap pegawai sebagaimana telah diatur pada UU No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kegiatan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Perkantoran adalah bagian dari sistem manajemen gedung perkantoran secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Mewujudkan kantor yang sehat, aman dan nyaman demi terwujudnyakaryawan yang sehat, selamat, bugar, berkinerja dan produktif. Tujuan dan sasaran sistem manajemen K3 adalah menciptakan suatu sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi lingkungan kerja yang terintegrasi dalam rangka mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dikuti oleh 50 orang peserta pegawai Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang bertempat di Hotel Soll Marina Bangka Tengah pada tanggal 7 – 9 September 2020. Simulasi penanggulangan bencana di Pantai Pasir Padi Kota Pangkalpinang serta simulasi penggunaan APAR/ Alat Pemadam Api Ringan di halaman kampus Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Budi Yulianta, Paisal Gunawan, Ari Gunawan, M. Zam-Zam dan Sutiana, Tim PSC 119 serta Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pangkalpinang.

Materi yang disampaikan diantaranya Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support (BLS), Water rescue dan evakuasi, Pemadam kebakaran, Sosialisasi dan simulasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Evaluasi bencana dan penggunaan APAR/ Alat Pemadam Api Ringan.

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja ini diharapkan dengan pegawai di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dapat menciptakan tempat kerja yang aman sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.