PELAYANAN VAKSINASI COVID 19 DI POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG

05 March 2021 News

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Jumlah pasien positif Covid-19 di masyarakat belum menunjukkan penurunan, justru menunjukkan tren peningkatan.  Adaptasi kebiasaan/tatanan kehidupan baru yang diberlakukan pemerintah tampaknya belum berdampak signifikan bagi penurunan angka mortalitas dan morbiditas penyakit yang disebabkan oleh virus Corona jenis SARS-Cov-2.

 

Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet atau cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda atau permukaan atau tangan. Semakin meningkatnya jumlah penderita Covid-19 dari hari ke hari membuat upaya pencegahan Covid-19  terus berkembang disesuaikan dengan kondisi yang ada diantaranya dengan vaksinasi.

 

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang dan RS Bhayangkara Polda Bangka Babel memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah Bangka Belitung khususnya masyarakat pelayan publik pada kantor pemerintah dan swasta/BUMN. Salah satu tempat pelayanan vaksinasi adalah di kampus Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dengan sasaran 1274 orang.

 

Pelaksana vaksinasi adalah tim vaksinator Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berkerja sama dengan vaksinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang dan RS Bhayangkara Polda Babel. Tim vaksinator Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang meliputi dosen dan instruktur serta alumni yang telah mengikuti pelatihan vaksinasi.

 

 

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada tanggal 02 Maret s.d. 30 Maret 2021 terbagi menjadi 2 tahap yaitu :

Tahap 1 tanggal 02  – 16 Maret 2021 : pemberian vaksin dosis 1

Tahap 2 tanggal 16 – 30 Maret 2021 :  pemberian vaksin dosis 2

Adapun alur vaksinasi  ini terdiri dari 4 meja yaitu :

Meja 1 : Pendaftaran. Bagi yang sebelumnya telah mendapatkan e-tikcet melalui pelayanan   digital maka bisa di daftar di meja 1 dan diberikan nomor  urut untuk selanjutnya melakukan scrining di meja 2.

Meja 2 : Skrining. Petugas melakukan skrining kesehatan dengan memeriksa fisik dan wawancara seperti  suhu tubuh, tekanan darah. Juga dilakukan wawancara terhadap riwayat penyakit misalnya hipertensi, Diabetes Melitus , jantung, pernah terpapar covid-19 dan lain-lain. Meja 2 menentukan apakah yang bersangkutan lolos skrining atau tidak. Jika tidak lolos maka tidak bisa melanjutkan meja 3 untuk mendapatkan imunisasi. Tetapi jika lolos maka dilanjutkan meja 3 untuk mendapatkan imunisasi.

Meja 3 : Pelayanan vaksinasi. Di sini dilakukan vaksinasi  covid-19 oleh petugas.

Meja 4 : Pemantau/observasi. Setelah mendapatkan suntikan untuk dilakukan observasi selama 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

 

Pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid 19 di Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berjalan lancar dan aman, berkat kerjasama yang baik antara Tim Vaksinator dengan Dinkes Provinsi  dan KKP Pangkalpinang. Semoga bermanfaat untuk masyarakat di Provinsi Bangka Belitung.

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

       

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.