PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) KEBIDANAN KOMUNITAS

20 December 2021 News

PKL Kebidanan Komunitas 2 SKS di Pulau Nangka Desa Tanjung Pura, Bangka Tengah yang dilaksanakan mulai tanggal 29 November – 18 Desember 2021 ini bertujuan agar mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan serta menerapkan manajemen kebidanan komunitas dan pelayanan kebidanan di tingkat individu, keluarga dan kelompok masyarakat.

Kegiatan PKL Kebidanan Komunitas di Pulau Nangka, desa Tanjung Pura Bangka Tengah merupakan salah satu cara penerapan visi Prodi Kebidanan yaitu Menghasilkan Tenaga Ahli Madya Kebidanan yang Unggul di Indonesia dalam bidang Deteksi Dini, Penatalaksanaan awal dan Sistim Rujukan pada Kasus Kegawatdaruratan Maternal Neonatal dengan bercirikan wilayah kepulauan pada tahun 2026.

Praktik kebidanan komunitas ini merupakan upaya melatih mahasiswa apabila ditempatkan di desa yang memerlukan bidan profesional secara utuh, tidak hanya kompeten dalam memberikan pelayanan klinis tapi juga diberikan kemampuan leadership dan manajerial. Hal ini diperlukan karena bidan di desa disamping dituntut untuk mempunyai kemampuan dibidang profesi kebidanan tapi juga diharapkan memiliki kemampuan sebagai penggerak pembangunan kesehatan khususnya di bidang kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana serta kesehatan bayi dan anak balita.

Pada kegiatan PKL mahasiswa dibantu oleh berbagai pihak, yaitu Kepala Desa Tanjung Pura, Kepala Puskesmas dan Bidan Koordinator Puskesmas Sungaiselan, Kepala Dusun, Ketua RT, Kepala BPD (Badan Permusyawatan Desa), Bidan Desa Pulau Nangka, Babinsa,  para Tokoh Masyarakat, dan penduduk di Pulau Nangka.

Semoga kegiatan PKL Kebidanan Komunitas ini dapat meningkatkan kemampuan knowledge, skill dan attitude mahasiswa Prodi Kebidanan semester V T.A 2021/2022.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.