Pelatihan Public Speaking "Strategi Sukses Jago Publik Speaking di Pelayanan Kesehatan"

07 December 2021 News

Pangkalpinang, 06 – 07 Desember 2021. Sebanyak 156 mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yang berasal dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang, Prodi D III Kebidanan, Prodi D III Farmasi dan Prodi D III Gizi mendapat pelatihan tentang public speaking dalam melakukan Edukasi sebagai Edukator Kesehatan, menumbuhkan Kreatifitas, Passion, dan melihat peluang dalam berbisnis kesehatan dan membangun bisnis dan memulai untuk berwirausaha dalam bidang kesehatan. Kegiatan ini diselenggarakan di Soll Marina Bangka Hotel & Conference Center yang berlokasi di Jl. Koba, Beluluk, Kec. Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Narusumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Ibu Tri Novia, S.Kep., Ners., MM dan Ibu Tirta RN, S.Kep., Ners.

Kegiatan ini diawali dengan ceremonial pembukaan, dimana direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Bapak Akhiat SKM, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa pentingnya kemampuan public speaking agar dimiliki oleh para mahasiswa/i dikarenakan dalam era globalisasi dan revolusi 4.0 persaingan dalam dunia kerja semakin sengit sehingga peningkatan kapasitas diri dan softskill public speaking sangat berguna terutama dalam menghadapi persaingan di dunia kerja.

Di hari pertama, materi yang dibawakan bertopik “Public Speaking for Interview & Health Educator”. Narasumber kegiatan yaitu ibu Tri Novia, S.Kep., Ners., MM menjelaskan beberapa teknik dan strategi dalam melakukan wawancara kerja, elevator pitch, cara membuat analisa SWOT dan skill dalam memberikan pendidikan kesehatan di masyarakat. Di hari kedua, beliau menjelaskan materi mengenai entrepreneurship dalam dunia kesehatan.

Setiap pemberian materi di awali dengan sharing knowledge melalui ceramah dan diskusi. Setelah itu dilanjutkan dengan demonstrasi / roleplay yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa/i yang mengikuti pelatihan. Salah satu yang menarik dari kegiatan pelatihan ini yaitu pemaparan grand design peluang usaha / praktik mandiri sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Para mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dalam mengembangkan ide dan inovasi untuk membuka usaha berdasarkan kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan perkembangan zaman. Perwakilan mahasiswa dari Jurusan Keperawatan dalam presentasinya memaparkan mengenai rencana berwirausahanya yaitu “Layanan Ambulance Berbasis Aplikasi” yang diadaptasi dari layanan gojek, grab dan aplikasi transportasi online lainnya, dikarenakan mahasiswa tersebut sadar bahwa peluang usaha hari ini hampir seluruhnya mengarah ke arah digitalisasi dengan menuntut keefektifitasan dan keefesiensian dari penggunaan prodak yang tinggi.

Secara umum, kegiatan pelatihan public speaking yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Seluruh mahasiswa/i mengikuti kegiatan dengan antusias dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Harapannya, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang sehingga dapat berdampak pada peningkatan mutu dan kualitas lulusan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.