Kuliah Pakar "Preparedness Disaster Management in Nursing Area"

08 December 2021 News

Pangkalpinang, 08 Desember 2021. Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IKA) Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Kuliah Pakar mengenai “Preparedness Disaster Management in Nursing Area” pada hari Rabu, 08 Desember 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 dan daring melalui zoom meeting. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa/i tingkat I, tingkat II, tingkat III serta alumni dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang. Kegiatan ini diselenggarakan di Bangka City Hotel, Jl. Alexander No. 1 Kota Pangkalpinang dengan narasumber kegiatan yang terpilih yaitu Bapak Ns. Suryanto, S.Kep., M.Nurs., PhD yang berasal dari Jurusan Keperawatan Universitas Brawijaya dengan peminatan keperawatan gawatdarurat.

Kegiatan ini diawali dengan ceremonial pembukaan, dimana Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yang diwakilkan oleh Wakil Direktur III Ibu Ade Devriany, M.Kes menyampaikan dalam sambutannya bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini dikarenakan sejalan dengan visi misi Prodi D III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yaitu “Menghasilkan Tenaga Ahli Madya Keperawatan yang Unggul di Indonesia dalam Bidang Keperawatan Gawat Darurat dengan bercirikan wilayah Kepulauan pada tahun 2026”. Selain itu, beliau memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keterlibatan alumni dalam kegiatan kuliah pakar ini. Partisipasi dari alumni baik sebagai panitia maupun peserta kegiatan membuktikan adanya keinginan dan kepedulian dari alumni untuk memberikan kontribusi terhadap almamater dalam mendukung kegiatan pendidikan dan peningkatan mutu serta kualitas mahasiswa dan lulusan.

Secara umum, kegiatan Kuliah Pakar berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Seluruh peserta kegiatan antusias dan berpartisipasi secara aktif terhadap materi yang diberikan. Narasumber kegiatan sangat kompeten dalam membawakan materi dan menjawab pertanyaan dari peserta kegiatan. Dengan diadakannya kegiatan Kuliah Pakar ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan terkait dengan konsep manajemen kegawatdaruratan bencana di daerah kepulauan serta memberikan pengetahuan mengenai kemampuan (persiapan diri) terhadap penatalaksanaan kegawatdaruratan bencana di daerah kepulauan. Output jangka panjang dari kegiatan ini diharapkan lulusan dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang dapat menjadi sumber daya tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi di bidang kegawatdaruratan menyesuaikan dengan kebutuhan kesehatan di wilayah kepulauan.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.