Sosialisasi Peluang dan Tantangan Perawat Bekerja di Luar Negeri

08 December 2021 News

Pangkalpinang, 08 Desember 2021. Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang bekerjasama dengan Ikatan Alumni (IKA) Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Peluang dan Tantangan Perawat Bekerja di Luar Negeri” pada hari Rabu, 08 Desember 2021 di Bangka City Hotel, Jl. Alexander No. 1 Kota Pangkalpinang. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu tatap muka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 dan daring melalui zoom meeting. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa/i tingkat I, tingkat II, tingkat III serta alumni dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang. Adapun yang mengisi kegiatan sosialisasi ini yaitu Elite International Recruitment, suatu agen perekrutan tenaga kerja berlisensi yang bergerak di penempatan pekerja terampil baik di bidang konstruksi, perhotelan maupun perawat ke luar negeri.

Perwakilan dari Elite International Recruitment, Ibu Tasdiana menjelaskan bahwa poin yang paling penting ketika memutuskan untuk bekerja keluar negeri adalah niat, karena ketika ada kemauan maka akan terbuka jalan untuk mencapai tujuan. Adapun negara-negara yang membutuhkan tenaga kerja perawat dari Indonesia antara lain Jepang, Jerman dan Arab Saudi. Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika bekerja keluar negeri, diantaranya yaitu gaji yang cukup tinggi dan update ilmu dan teknologi yang berkembang di negara lain. Dengan benefit yang di dapat cukup bagus tentunya diperlukan perjuangan dan kompetensi yang mumpuni terutama dalam berbahasa asing dan skill keperawatan yang harus disesuaikan dengan standar luar negeri. Hal ini menjadi tantangan bagi alumni serta mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dalam mengupgrade diri agar bisa ikut bersaing untuk bekerja ke luar negeri. Selain itu, hal ini juga menjadi pemicu  bagi intitusi untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan akademik, non akademik serta sarana dan prasarana yang mendukung untuk mencetak lulusan yang kompeten untuk dapat ikut serta dalam pasar tenaga kerja luar negeri.

Secara umum, kegiatan “Sosialisasi Peluang dan Tantangan Perawat Bekerja di Luar Negeri” berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Seluruh peserta kegiatan antusias dan berpartisipasi secara aktif terhadap materi dan motivasi-motivasi yang diberikan oleh tim dari Elite International Recruitment. Output jangka panjang dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan animo dari lulusan dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang untuk mengembangkan diri dan menumbuhkan keberanian dalam mengambil peluang bekerja ke luar negeri, sehingga Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berhasil menghasilkan lulusan – lulusan yang kompetetif serta memiliki kompetensi yang sesuai untuk bersaing di pasar kerja lokal maupun internasional.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.