Pengabdian Pada Masyarakat Mandiri Mahasiswa Keperawatan "Donor Darah : Berbagi Darah Berbagi Kasih Sayang"

14 March 2022 News

Pangkalpinang, 12 – 13 Maret 2022. Himpunan Mahasiswa Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang bekerjasama dengan Ikatan Alumni Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang dan Unit Donor Darah PMI Kota Pangkalpinang menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Mandiri “Donor Darah : Berbagi Darah Berbagi Kasih Sayang”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Sabtu – Minggu, 12 – 13 Maret 2022 bertempat di Unit Donor Darah PMI Kota Pangkalpinang, Jl. Ican Saleh No.88, Rw. Bangun, Kec. Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684.

Kegiatan ini dimulai dengan ceremonial pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Keperawatan, Ibu Erni Chaerani, S.Pd., MKM. Dalam sambutannya beliau menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena merupakan kegiatan kemanusiaan yang dapat meningkatkan rasa caring dan empati yang mana harus dimiliki oleh seorang perawat. Perwakilan dari UDD Kota Pangkalpinang sekaligus alumni dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang, Berliano, A.Md.Kep menyampaikan bahwa sangat berterimakasih atas terlaksananya kegiatan ini dikarenakan PMI sedang memenuhi target kebutuhan stok darah sebelum bulan ramadhan tiba. Adapun pendonor berasal dari mahasiswa keperawatan, alumni dan umum.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Target pendonor 100 orang dapat dicapai dengan rincian perolehan kantong darah : Golongan Darah A : 32 Kantong, Golongan Darah B : 25 Kantong, Golongan Darah O : 32 Kantong dan Golongan Darah AB :  11 Kantong. Bagi yang tidak bisa melakukan donor dikarenakan Hb terlalu rendah / tinggi atau tekanan darah terlalu rendah / tinggi, Himpunan Mahasiswa Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang menyediakan leaflet dan memberikan pendidikan kesehatan sesuai dengan permasalahan yang dialami.

Diharapkan dengan terlaksanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran rekan sejawat khususnya perawat akan pentingnya melakukan kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, menambah persedian stok darah di UDD PMI Kota Pangkalpinang serta meningkatkan animo masyarakat terhadap Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.