Pelatihan OSCE (Objective Structured Clinical Examination) Jurusan Keperawatan

14 March 2022 News

Pangkalpinang, 08 – 11 Maret 2022. Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang bekerjasama dengan ACT Centre melaksanakan kegiatan Pelatihan OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di Aula Lantai 3 Gedung A Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dan daring melalui zoom selama 4 (empat) hari yaitu dari tanggal 08 – 11 Maret 2022. Pemateri yang hadir yaitu Moh Afandi, Ns., MAN., PhD (C) dan Herbasuki, S.Kp., M.Kes. Peserta kegiatan adalah dosen dan tenaga kependidikan dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang dan Prodi D III Keperawatan Belitung serta Preceptor dari lahan praktik Jurusan Keperawatan.

Kegiatan di awali dengan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Akhiat, SKM., M.Si. Dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dikarenakan dalam penilaian akreditasi institusi 9 kriteria, poin penilaian penyelenggaraan Ujian OSCE sangat besar dan diharapkan seluruh institusi pendidikan khususnya yang menghasilkan tenaga kesehatan perawat dapat melaksanakan Ujian OSCE sebagi metode ujian praktik yang terstandarisasi serta menjadi syarat kelulusan da diujikan seperti layaknya Uji Kompetensi Nasional.

Adapun materi yang dibawakan di hari pertama dan kedua adalah Konsep OSCE, Blueprint Uji Kompetensi OSCE, teknik penyusunan dan review soal OSCE, teknik pengujian OSCE, penetapan nilai batas keulusan, dan strategi pengembangan OSCE. Simulasi mengenai proses ujian OSCE di laboratorium dilaksanakan di hari ke tiga dan evaluasi kegiatan dan penutupan dilaksanakan di hari ke empat.

Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang siap untuk menyelenggarakan Ujian OSCE bagi mahasiswa/I sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja nasional maupun internasional.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.