Sosialisasi Penggunaan SIAKAD dan E-Learning VILEP Mahasiswa Baru TA.2022/2023

04 July 2022 News

Penggunaan teknologi informasi yang menunjang kegiatan belajar mengajar saat ini telah menjadi suatu kebutuhan pada sebuah institusi pendidikan. Keberhasilan dalam pengelolaan institusi sangat dipengaruhi oleh ketersediaan informasi yang tepat dan akurat dalam upaya memperoleh peluang sekaligus menopang keunggulan kompetitifnya. Di lingkungan perguruan tinggi penggunaan teknologi informasi diantaranya untuk pengelolaan jadwal kuliah, rencana studi mahasiswa dan hasil studi mahasiswa. Pengelolaan bidang Akademik akan menjadi lebih efektif dan efisien setelah dibantu dengan penggunaan teknologi informasi dalam bentuk Sistem Informasi Akademik (SIAKAD).

       Sistem informasi akademik merupakan sebuah perangkat untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan disatuan pendidikan dan digunakan untuk menyampaikan program manajemen kualitas kepada seluruh civitas akademik dan stakeholder yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti internet, sehingga satuan pendidikan dapat menyediakan layanan akademik yang lebih baik, efektif, dan efisien termaksud layanan akademik di sebuah perguruan tinggi.

       Selain Siakad, pentingnya e-learning didalam proses perkuliahan untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. E-learning adalah sebuah proses pembelajaran di mana penyampaian materi, diskusi, dan kegiatan perkuliahan dilakukan melalui media elektronik/digital. Metode pembelajaran E-Learning dapat mengkombinasikan pertemuan tatap muka, praktikum/praktik lapangan dan pembelajaran elektronik sehingga dapat meningkatkan kontribusi dan interaktifitas mahasiswa dengan dosen maupun antar mahasiswa itu sendiri. Saat ini Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menggunakan Vilep sebagai Aplikasi E-learning. Mengingat pentingnya aplikasi SIAKAD dan Vilep dalam proses belajar mengajar dan akademik maka perlu diadakan kegiatan Sosialisasi SIAKAD dan VILEP terutama bagi mahasiswa baru.

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang melalui Unit Teknologi Informasi telah melaksanakan kegiatan sosialisasi SIAKAD dan VILEP melalui zoom pada hari Jum'at tanggal 1 Juli 2022, kegiatan ini diikuti oleh 200 mahasiswa baru TA.2022/2023. Materi yang disampaikan berupa panduan penggunaan SIAKAD dan VILEP selanjutnya dilakukan praktik penggunaan kedua aplikasi tersebut oleh mahasiswa baru. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengenalan penggunaan aplikasi Siakad dan Vilep bagi mahasiswa baru dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru bahwa pentingnya mengikuti tata aturan administrasi berbasis aplikasi agar prosedur pelaksanaan kuliah dan akademiknya berjalan dengan baik.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.