Kegiatan Capacity Building Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang

05 September 2022 News

Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang mengadakan kegiatan Capacity Building untuk seluruh pegawai. Kegiatan Capacity Building dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 31 Agustus 2022 s.d 03 September 2022 di Parai Bangka Bangka.

Tujuan Capacity Building adalah peningkatan kemampuan, keterampilan, dan attitude pegawai sehingga lebih efektif dan efisien dalam rangka mencapai sasaran/target kinerja organisasi. Bentuk dari kegiatan Capacity Building adalah kegiatan yang diadakan di alam terbuka (outbond) yang mana di dalam acara tersebut para peserta akan dilatih fisik, mental dan disiplin untuk dapat mengahadapi berbagai rintangan dan dilatih untuk mencari solusinya  serta dilatih agar bisa bekerjasama dengan team (team work). 

Kegiatan capacity building ini lebih difokuskan untuk bisa bekerjasama di dalam team dan memupuk rasa solidaritas yang tinggi sesama peserta dan aplikasinya di dalam pekerjaan agar supaya ada toleransi di antara masing-masing pegawai terkait dan tidak mementingkan diri sendiri. Capacity Building akan membentuk suatu pribadi yang mandiri, tegar, rasa solidaritas yang tinggi sesama teman dan kerjasama teman yang baik sehingga suatu target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

Selain melaksanakan kegiatan di luar ruangan, para pegawai dibekali dengan ESQ (Emotional Spritual Qoutient) dengan Tema “BerAKHLAK”. Training ESQ ini dipandu oleh Fasiltator, Coach Ramdani dari ESQ Leadership Center dengan Asisten Fasilitator, Coach Dadang. Kegiatan ini sebagai 'recharge' emosional mental dan spiritual para pegawai agar memiliki Change Agility (mampu beradaptasi dengan perubahan apapun), Mental Agility (mampu bertahan dalam kondisi apapun), People Agility (mampu kerjasama dengan siapapun), Learning Agility (mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat) dan Result Agility (mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun) sehingga harapannya Pegawai dapat memanfaatkan energi positif serta ilmu dari training ESQ, untuk mendapatkan ketenangan, kesyukuran, dan mental positif dengan cara menggunakan character building sebagai pondasi utama. 

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.