PELATIHAN BASIC TRAUMA AND CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS) DAN SIMULASI MANAJEMEN BENCANA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG

19 September 2022 News

(19/09/2022) - Visi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang adalah “Menjadi Institusi Pendidikan Kesehatan yang Unggul di Indonesia dengan Bercirikan Wilayah Kepulauan pada Tahun 2026”, hal ini sejalan dengan Visi Prodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang yaitu “Menghasilkan Tenaga Ahli Madya Keperawatan yang Unggul di Indonesia dalam Bidang Keperawatan Gawat Darurat dengan Bercirikan Wilayah Kepulauan pada Tahun 2026”. Sebagai bentuk perwujudan Visi Poltekkes dan Prodi Keperawatan,  telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Basic Trauma And Cardiac Life Support (BTCLS) dan Simulasi Manajemen Bencanabagi mahasiswa tingkat 3 semester 5. Pelatihan ini kerjasama antara  Prodi Keperawatan dengan Gadar Medik Indonesia (GDMI) , didukung dengan peralatan praktikum yang lengkap serta instruktur yang sangat berpengalaman dalam bidang pelatihan kegawatdaruratan.

Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan kegawatan kardiovaskuler. Pelatihan ini sangat penting  diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir Prodi Keperawatan sebagai bekal persiapan Praktik Klinik Kegawatdaruratan, dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. 
Kegiatan dimulai tanggal 12 September 2022, dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang  (Akhiat, SKM.,M.Si) dan dihadiri oleh tim GDMI, pengelola Jurusan Keperawatan, panitia mahasiswa dan peserta pelatihan. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Aula Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang  kemudian dilanjutkan dengan sesi  Pre Test dan pemberian materi pelatihan.

Materi pelatihan yang diberikan oleh GDMI hari pertama 12 September 2022 adalah Building Learning Commitment (BLC), Etik dan Legal Aspek Keperawatan GADAR, Sistem Penanggulangan GADAR Terpadu (SPGDT), Bantuan Hidup Dasar (BHD), Penilaian Awal (Initial Assessment), Airway & Breathing Management, Syok Management, Trauma Kepala & Spinal. Pada kegiatan hari pertama materi diberikan secara klasikal tatap muka di Aula Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Selanjutnya di hari kedua 13 September 2022 materi yang diberikan adalah tentang Trauma Toraks dan Abdomen, Trauma Muskuloskeletal, Luka Bakar, Konsep Dasar EKG, Acute Coronary Sindrom, Terapi Elektrik, Rujukan Pasien GADAR, Triase, dan Skill Station: BHD, Airway & Breathing, Initial Assessment. Pada hari kedua ini kegiatan masih dilaksanakan di indoor yaitu di Aula Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang. Di hari selanjutnya yaitu pada tanggal 14 September 2022 materi yang diberikan adalah dengan cara praktikum yaitu tentang BHD, Airway & Breathing, Initial Assessment, Terapi Elektrik, Stabilisasi Spinal, serta Stabilisasi Muskulosklelatal. Pada hari ketiga ini acara pelatihan terasa lebih hidup lagi karena kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara teoritis dengan presentasi sekarang dipadukan dengan praktik ke phantom dan probandus.

© 2018 POLTEKKES KEMENKES PANGKALPINANG.