Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Sukses Gelar Pembelajaran IPC

Posted By admin | 19 Dec 2022

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang sukses menyelenggarakan Kegiatan Pembelajaran Inter Professional Collaboration (IPC) di wilayah kepulauan Tahun 2022. Pelaksanaan kegiatan yang digelar secara bertahap ini dimulai sejak Tanggal 5 hingga 15 Desember 2022 meliputi penyampaian materi pembelajaran inter profesi melalui kelas virtual, kegiatan praklinik dan praktik lapangan yang menjadi upaya meningkatkan kompetensi tenaga kemahasiswaan. Kegiatan ini ditujukan bagi pembelajaran 180 mahasiswa tingkat tiga Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dari empat jurusan yang mewakili empat profesi tenaga kesehatan yaitu Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Farmasi. 

Pelaksanaan pembelajaran turut didukung 80 orang tim yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan setempat sebagai mitra penyelenggaraan kegiatan. Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Ibu Auronita Puspa Pratiwi, M.Sc, menyebutkan, tujuan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran inter professional collaboration ini adalah untuk memberikan pemahaman pentingnya kolaborasi interprofesi dalam penanganan masalah kesehatan, serta memberikan pemahaman terhadap pilar- pilar dalam kolaborasi inter profesi yang meliputi kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, memahami peran dan tanggung jawab serta menghormati tiap profesi. "Pembelajaran juga diberikan lewat pengalaman langsung berinteraksi dalam kelompok yang berbeda profesi untuk menggali solusi permasalahan kesehatan dari kasus yang disiapkan fasilitator maupun kasus nyata di lapangan," ujar Auronita, Senin (19/12/2022).

Pelaksanaan praktik lapangan pada Tanggal 14 Desember 2022 dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Benteng, sebagai satu di antara mitra Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, yaitu di Desa Benteng, Desa Tanjung Gunung dan Desa Batu Belubang dengan dukungan pemerintah desa setempat. Keseluruhan kegiatan juga didampingi petugas kesehatan desa setempat.

Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Bapak Akhiat, SKM. M.Si, menyatakan pembelajaran inter profesi kali ini merupakan kegiatan pertama yang turut melibatkan seluruh dosen serta mahasiswa lintas program studi.  Melalui program pembelajaran ini ia berharap meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan dapat bersaing di pasar tenaga kerja di Indonesia maupun luar negeri.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Sukses Gelar Pembelajaran IPC, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/19/poltekkes-kemenkes-pangkalpinang-sukses-gelar-pembelajaran-ipc.
Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari