Amirah Syahidah, Mahasiswa Prodi DIII Gizi Berhasil meraih Juara 1 dalam Kegiatan NHVSC Tahun 2022

Posted By admin | 01 Jan 1970

Poltekkes Pangkalpinang berhasil membawa pulang piala penghargaan “Star of Nutrition” pada ajang kompetisi mahasiswa Poltekkes seluruh Indonesia, National Health Vocational Student Competition (NHVSC) yang diselenggarakan pada tanggal 8 s.d. 11 November 2022 di Tasikmalaya. NHVSC tahun ini mengusung tema “success together” dan berkompetisi untuk memperebutkan gelar “Star of Nursery Diploma Degree”, “Star of Nursery Bachelor Degree”, “Star of Midwifery Diploma Degree”, “Star of Midwifery Bachelor Degree”, “Star of Dental Health”, “Star of Dental Therapy”, “Star of Nutrition Diploma Degree”, “Star of Health Information Management”, dan “Star of Pharmacy”.

Penghargaan ini berhasil diraih oleh mahasiswa D-III Jurusan Gizi, Amirah Syahidah, setelah mengalahkan pesaingnya yang berasal dari 38 Poltekkes dari seluruh Indonesia. Amirah lolos dalam beberapa kategori yang menghantarkannya untuk bertanding pada tahap High Level Competition (HLC) dan akhirnya berhasil menjadi Star of Nutrition pada kategori D III Gizi.

Amirah merupakan salah satu dari 10 delegasi yang dikirimkan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang untuk memperebutkan berbagai kejuaraan dalam bidang kesehatan yaitu Gizi, Kebidanan, Keperawatan dan Farmasi. Kesepuluh delegasi tersebut adalah Falini Sobba dan Jesica (Keperawatan Pangkalpinang); Ananda Putri Mavinka dan Murni Lestari (Kebidanan); Amirah Syahidah dan Dwi Annisa Putri (Gizi); Ismelia Octari dan Rahmah Hikmatul Islah (Farmasi); serta Silvia Wulandari dan Novalita Anggraini (Keperawatan Belitung).

Selain Amirah, Ananda Putri Mavinka, mahasiswa D-III Jurusan Kebidanan juga berhasil meraih posisi ketiga dalam Standard Level Competition (SLC). Penghargaan lain yang berhasil diraih oleh Poltekkes Pangkalpinang adalah juara ketiga SLC yang juga berhasil diraih oleh Amirah (Gizi). Sedangkan sisanya, sayangnya hanya berhasil masuk pada tahap kedua seleksi, Exclusive Level Competition (ELC), dan harus gugur mengakui keunggulan peserta dari Poltekkes lain.

Amirah menjadi satu-satunya dari Pangkalpinang yang dapat bertanding hingga tahap HLC. Perjuanganya tidaklah mudah. Amirah harus bersaing dalam menjawab 3 pertanyaan yang diajukan oleh juri dengan 1 pertanyaan topik umum dan 2 pertanyaan mengenai tren gizi pada masa sekarang. Semua pertanyaan diajukan dan harus dijawab dalam Bahasa Inggris. Amirah berhasil membuktikan kepiawaiannya setelah berhasil mengalahkan pesaingnya dari Poltekkes Tasikmalaya, tuan rumah sekaligus peraih juara umum, serta berbagai Poltekkes-Poltekkes lain yang tidak kalah bergengsi seperti Poltekkes Bandung, Poltekkes Semarang dan Poltekkes Riau.

Walaupun sudah berhasil membawa pulang gelar “Star of Nutrition”, Poltekkes Pangkalpinang tidaklah cepat berpuas diri, masih banyak yang harus dibenahi agar kedepannya tidak hanya jurusan gizi yang berhasil memboyong posisi pertama, tapi dari jurusan-jurusan yang lain. Namun demikian, tidaklah dipungkiri, bahwa ajang kompetisi NHVSC ini menjadi stimulus yang baik agar mahasiswa mempunyai jiwa berdaya saing tinggi dan menjadi motivasi untuk dapat terus meningkatkan kualitas dirinya.

Penulis: Eka Safitri Yanti (Dosen Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang)

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang