Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Bersama Komisi IX DPR RI

Posted By admin | 25 Oct 2022

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Kemenkes RI yang diwakilkan oleh Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang melakukan kerjasama dengan Komisi IX DPR RI yaitu Ir. Sri Melyana dalam melakukan kegiatan Germas di Kabupaten Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan.

Tim GERMAS

Kegiatan Germas dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2022. Kegiatan ini melibatkan 305 orang peserta yang terdiri dari anggota Komisi IX berjumlah 3 orang, Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang berjumlah 16 orang, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten yang berjumlah 16 orang, dan masyarakat Kabupaten Pagaralam yang berjumlah 270 orang.

Kegiatan diawali dengan perencanaan dan koordinasi TIM GERMAS Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pagaralam, beserta Staf Ahli Komisi IX DPR-RI, kegiatan koordinasi ini antara lain tentang tempat pelaksanaan, sasaran kegiatan, alat dan bahan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan, hingga pembahasan terkait materi yang akan disampaikan. Dari kegiatan koordinasi yang dilakukan. 

Kegiatan Sosialisasi

Kegiatan GERMAS dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan acara pembukaan dan sambutan oleh Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Ibu Ayi Diah Damayani, M.Keb dan perwakilan Komisi IX DPR RI Ibu Ir. Sri Melyana.Acara kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi dan Materi terkait GERMAS yang disampaikan oleh Ibu Ayi Diah Damayani, M.Keb, dilanjutkan oleh Ibu Desi Elviani SE., MM selaku Kepala Dinas Kesehatan Pagaralam, dan dilanjutkan sesi tanay jawab dengan peserta kegiatan. Peserta yang hadir tampak antusias dengan kegiatan ini, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. Kegiatan berjalan sangat interaktif.