Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Menyelenggarakan Internasional Seminar “The Role of Nursing in Coastal Area” bagi Perawat dan Calon Perawat

Posted By admin | 22 Nov 2022

Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu provinsi yang terdiri dari kepulauan memiliki tantangan dalam pemberian pelayanan Kesehatan terutama pada area pesisir yang jauh dari pusat pelayanan Kesehatan. Oleh karena itu, perlu strategi dalam persiapan tenaga Kesehatan khususnya perawat dengan focus area pelayanan kepulauan sehingga diharapkan bahwa tenaga perawat masa depan sehingga mampu secara efektif memberikan pelayanan Kesehatan secara optimal. Hal ini berhubungan dengan berbagai tantangan yang dihadapi tenaga Kesehatan termasuk perawat, di area pesisir seperti masalah distribusi tenaga Kesehatan, fasilitas pelayanan Kesehatan, biaya yang cukup mahal, keterbatasan transportasi. Berbagai kondisi inilah yang kemudian menjadi tantangan sekaligus memberikan corak khas pada area kepulauan.

Jurusan keperawatan Poltekkes kemenkes Pangkalpinang berupaya membekali calon lulusannya untuk memahami dan mengintegrasikan keilmuan yang dimiliki agar mampu memberikan pelayanan Kesehatan khususnya keperawatan di area pesisir dengan segala tantangan yang dimiliki. Pemahaman mengenai tantangan bukan hanya terkait ketersedian sarana prasarana namun juga berkaitan dengan kondisi alam yang dihadapi seperti cuaca buruk, sosial demografi masyarakat pesisir, akan memberikan gambaran bagaimana seorang nakes menyiapkan dirinya untuk dapat tanggap terhadap kebutuhan pelayanan Kesehatan di masa akan datang.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan seminar internasional yang diselenggarakan secara online pada Selasa, 22 November 2022 pukul 08.00 – 11.30 WIB, membahas mengenai peran perawat pada area pesisir dan dilaksakan secara serentak di Prodi Keperawatan Pangkalpinang dan Belitung serta dua negara lainnya di Filipina dan Timor Leste. Adapun narasumber dari tiga Negara  yaitu Rudolf Cymorr Kirby P. Martinez PhD, MA, RN, CAA, LMT, CSTP, FRIN (Filipina),  Sakti Oktaria batubara (Indonesia)  dan Deonisia de Fatima (Soares Timor Leste ). Diharapkan dari tiga narasumber yang berasal dari tiga negara kepulauan ini akan memberikan gambaran nyata dalam pemberian pelayanan Kesehatan yang bercirikan kepulauan sehingga akan memperkaya khasanah pemahaman, aplikasi nyata serta tantangan yang dihadapi kepada semua calon lulusan Poltekkes kemenkes Pangkalpinang.

Selain menunjang Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, kegiatan ini juga menjadi kontribusi nyata dan langsung untuk menyiapkan sumber daya manusia Kesehatan masa depan khususnya Kepulauan Bangka Belitung. Seiring dengan itu, kegitan ini menjadi bukti nyata bahwa Poltekkes Kemenkes pangkalpinang berupaya berkontribusi menyambut Ulang Tahun Provinsi bangka Belitung ke 22. Sehingga diharapkan pertambahan umur administrative provinsi Kepulauan  Bangka Belitung diiringi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia Kesehatan khususnya keperawatan di masa yang akan datang.