Kegiatan Mahasiswa Bedah Buku : “Great Service, Get Happiness, 4 Tips Melayani Dengan Hati Yang Hebat Dan Membahagiakan” Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang

Posted By admin | 08 Dec 2023

Kegiatan Mahasiswa Bedah Buku : “Great Service, Get Happiness, 4 Tips Melayani Dengan Hati Yang Hebat Dan Membahagiakan”

Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang

 

Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang bekerjasama dengan Unit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku yang berjudul : GREAT SERVICE, GET HAPPINESS, 4 TIPS MELAYANI DENGAN HATI YANG HEBAT DAN MEMBAHAGIAKAN karya Dr. Rudi Bastaman, S.Kep., MKM. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui zoom dengan pemateri yaitu sang penulis buku sendiri yang kerap dipanggil Kang Rubast dan Ns. Eko Prastyo Cholis, M.Kep., Sp.KepMB, praktisi perawat dari RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar yang kerap dipanggil Mas Eko pada hari Jumat (08/12/2023).

 

@Kang Rubast

 

Materi pertama di bawakan oleh Kang Rubast yang menjelaskan isi dari bukunya bahwa 4 tips great service antara lain :

  1. Melayani dengan hangat (salam, seyum, sayang, sorry)
  2. Melayani dengan amanah (jujur, adil, disiplin, tanggung jawab)
  3. Melayani dengan tepat (tepat waktu, tepa informasi, tepat tindakan, tepat sasaran)
  4. Melayani dengan ibadah (sabar, syukur, sedekah, ikhlas)

Adapun manfaat great service yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan dan kebahagiaan bagi pemberi pelayanan. Prinsip dari great service yaitu berorientasi pada harapan pelanggan, fokus pada kepuasan pelanggan serta konsistensi dan perbaikan yang berkelanjutan.

Menurut Kang Rubast, unsur pelayanan terdiri dari (6A) yaitu : Attitude (Sikap), Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Ability (Kemampuan), Appearance (Penampilan), Accountability (Tanggung Jawab).

Kang Rubast juga mengatakan “dengan pelayanan hebat dapat membuat pelanggan puas sehinggap pelanggan akan merasa “ketagihan” dan akan kembali lagi menggunakan jasa kita serta merekomendasikan ke orang lain. dengan jumlah pelanggan meningkat maka pendapatan meningkat sehingga akan membuat bahagia (happiness)”

Semua pelanggan tentunya ingin mendapatkan Pelayanan Prima (Memuaskan). Untuk dapat melaksanakan pelayanan prima, Kang Rubast menjelaskan kita harus memahami harapan pelanggan antara lain : Smarter, Faster, Better, Newer, Safer, Cheaper. Selain itu kita perlu memahami Pelanggan Kita dengan cara : Komunikasi Efektif, Apresiasi, Empati, Sikap Tulus, Terima Kasih, Penuhi dengan “YA” dan Maaf.

 

Materi kedua dibawakan oleh Mas Eko yang menjelaskan mengenai aplikasi dari great service di lahan praktik keperawatan. Great Service menurutnya adalah The Best Concept dalam mempraktikan pelayanan prima dengan hati yang hebat dan membahagiakan, yang berorientasi pada pelanggan, fokus pada kepuasan pelanggan serta perbaikan berkelanjutan.

Menurut Mas Eko, pelayanan keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik sehat maupun sakit

Mas Eko mengatakan Great Service, Get Happiness berarti siap memberikan pelayanan keperawatan dengan hati. Kita seorang perawat, memberikan pelayanan sesuai kompetensi, dan pelanggan kita adalah pasien yang kita berikan asuhan keperawatan”.

Dalam memberikan great service pada pasien, Mas Eko menjelaskan bahwa harus menerapkan komunikasi efektif, apresiasi dan dengarkan keluhan. Adapun prinsip melayani dengan hati menurut Mas Eko yaitu :

h angat

a manah

t epat

i badah

”Kita memerlukan 5 softskills dalam melayani dengan hati yaitu kreatif, komunikatif, responsif, kolaboratif, komitmen” pungkasnya.

 

Harapan jangka panjang, dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa/i Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang mengetahui mengenai great service dan kiat-kiat untuk mempraktikan great service, sehingga lulusan dari Prodi D III Keperawatan Pangkalpinang dapat menjadi lulusan yang unggul dan berkualitas yang mengedepankan pelayanan prima saat mengahadapi pasien dan masyarakat di masa yang akan datang.

 

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang