Pelatihan Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah Bagi Kader Kesehatan di Wilayah Desa Binaan

Posted By admin | 13 Sep 2023

Pada hari Senin - Selasa tanggal 11-12 September 2023 di ruang pertemuan Gedung diklat BPPSDMK Provinsi Bangka Belitung, PUI-PK SiAnak Pulau menyelenggarakan kegiatan "Pelatihan Pengelolaan Posyandu dan Kunjungan Rumah Bagi Kader Kesehatan di Wilayah Desa Binaan". Peserta kegiatan pelatihan pengelolaan posyandu melibatkan seluruh kader kesehatan yang tercatat di wilayah desa binaan (desa Mangkol dan desa Pedindang), pembukaan kegiatan ini turut pula dihadiri oleh Ka. Dinkes Provinsi Kep. Bangka Belitung Bapak dr. Andri Nurtito, MARS. Dalam sambutannya dr. Andri Nurtito, MARS, menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara kegiatan yang turut membantu dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk melatih kader kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu/pengetahuan bagi para kader kesehatan dalam melakukan pengelolaan posyandu era transformasi kesehatan. 

  

Tahap persiapan kegiatan ini meliputi penjajakan di wilayah desa binaan (Desa Mangkol dan Pedindang) untuk mengetahui jumlah kader kesehatan dan pemberian proposal/kerangka acuan kepada aparat desa terkait. Selain itu, dilakukan penjajakan lokasi pelatihan untuk memastikan kesiapan ruangan yang tersedia serta sarana dan prasarana yang tersedia. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan kegiatan lainnya yang meliputi perlengkapan yang dibutuhkan selama pelatihan seperti materi, ATK dam alat-alat untuk praktik. 

  

Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan pengelolaan posyandu kepada kader kesehatan di wilayah desa binaan (Desa Mangkol dan Pedindang). Kegiatan ini melibatkan 8 orang dosen dan plp sebagai tim fasilitator/narasumber yang sudah mengikuti TOT dan dinyatakan lulus, kader kesehatan di desa Mangkol dan Pedindang serta panitia dari PUI-PK. Kegiatan pelatihan menerapkan kombinasi dari beberapa metode pembelajaran yaitu teacher active learning, student active learning, dan simulasi. Materi pelatihan terdiri dari beberapa sub materi yang berjumlah 28 JPL (jam pembelajaran).

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang