Pengabdian kepada Masyarakat "Back Rolling Massage : Alternatif Pengembangan Sahabat ASI di Kelurahan Ketapang Kota Pangkalpinang"

Posted By admin | 19 Oct 2022

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian. Tujuan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Poltekkes diutamakan berbasis penelitian yang bermanfaat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peran dan partisipasi Poltekkes Kemenkes dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta mendiseminasikan hasilnya sehingga dapat memperkuat daya saing nasional, dan menyelesaikan permasalahan kesehatan maupun permasalahan di masyarakat umum.

Dalam kesempatan kali ini Tim Dosen yang berasal dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Puskesmas Pangkalbalam dengan tema “Sentra Back Rolling Massage : Alternatif Pengembangan Sahabat ASI yang dilaksanakan di Kelurahan Ketapang Kota Pangkalpinang. Tim Dosen Jurusan Gizi terdiri dari Ibu Ade Devriany, SKM, M.Kes, Ibu Emilia, S.Gz, M.Gz, Ibu Karina Dwi Handini, SP, MPH, dan Ibu Retno Febrianty, S.Gz. dan melibatkan 3 orang mahasiswa jurusan gizi yaitu M.Rofiq, Selly Apryanti dan Windy Chintia. Sedangkan, peserta kegiatan ini adalah para bidan desa dan kader di Kelurahan Ketapang Kota Pangkalpinang.

Kegiatan Pengabmas diawali dengan Pembukaan dan dilanjutkan dengan paparan materi tentang Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif yang disampaikan oleh Ibu Emilia, S.Gz, M.Gz. ASI merupakan makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi untuk tumbuh kembang optimal. Pemberian ASI  eksklusif dimulai kurang  dari 1 jam ( inisiasi menyusu dini= IMD ) setelah lahir sampai umur 6 bulan. Selama pemberian ASI ekslusif  penting untuk menilai  kecukupannya  dengan menilai  pertumbuhan/ kenaikan BB bayi. Apabila bayi memperoleh  ASI dalam jumlah yang cukup , maka semua kebutuhan air dan zat gizi terpenuhi .

 

Materi selanjutnya adalah Back Rolling Massage yang disampaikan oleh Ibu Ade Devriany, SKM, M.Kes dan Praktek Back Rolling Massage yang dipandu oleh Ibu Susan Delilah, S.Keb. M.Keb. Back Rolling massage adalah metode pemijatan tubuh bagian punggung pada tulang belakang (costae 5-6 sampai scapula dengan gerakan memutar) yang dilakukan pada ibu setelah melahirkan untuk membantu kerja hormon oksitosin dalam pengeluaran ASI, mempercepat syaraf parasimpatis menyampaikan sinyal ke otak bagian belakang untuk merangsang kerja oksitosin dalam mengalirkan ASI agar keluar. Berbagai alternatif dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu yang melahirkan. Tindakan back rolling massage dapat memengaruhi hormon prolaktin yang berfungsi sebagai stimulus produksi ASI pada ibu selama menyusui. Tindakan ini juga dapat membuat rileks pada ibu dan melancarkan aliran syaraf serta saluran ASI pada kedua payudara.

 

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang