Praktek Kerja Lapangan TA.2023/2024 Prodi DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang di Desa Tanjung Labu

Posted By admin | 24 May 2023

Prodi DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Kabupaten Bangka Selatan. PKL tersebut dimulai sejak 01 Mei sampai 20 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Prodi DIII Keperawatan Pangkalpinang dalam mengimplementasikan Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan, Keperawatan Gerontik dan Keperawatan Keluarga. Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan membahas mengenai konsep, prinsip dan teknik promosi kesehatan di wilayah kepulauan, pemberdayaan dan komunikasi terapeutik kepada masyarakat kepulauan. Kegiatan pembelajaran ini dirancang dengan ceramah, diskusi, praktika, dan praktik klinik pemberdayaan masyarakat di wilayah kepulauan yang diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa menyelesaikan capaian pembelajaran. Untuk mata kuliah mata kuliah Keperawatan Gerontik membahas konsep lansia dengan segala kompleksitas permasalahannya dan asuhan keperawatan kesehatan lansia dalam rentang sehat sampai sakit. Lingkup asuhan keperawatan meliputi peningkatan kesehatan,pencegahan penyakit,pemeliharan kesehatan dan pemulihan kesehatan gerontik dengan pendekatan proses keperawatan dan melibatkan keluarga secara penuh serta pemanfaatan sember-sumber yang ada di komunitas.Praktik di tatanan komunitas didesain untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan keperawatan gerontik. Sedangkan Keperawatan Keluarga membahas tentang konsep pelayanan kesehatan primer, konsep komunitas, konsep keluarga, trend dan issue dalam keperawatan keluarga, manajemen sumber daya keluarga dan asuhan keperawatan keluarga. Praktik di tatanan komunitas didesain untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan keperawatan keluarga secara nyata.

Pembukaan PKL dilakukan di gedung foodcourt Pantai Lampu yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Tanjung Labu beserta jajaranya, Kepala Desa Tanjung Labu beserta jajaranya, tim pembimbing mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Pangkalpinang, tokoh masyarkat dan masyarakat Tanjung Labu. Kegiatan PKL dibuka oleh Kepala Puskesmas Tanjung Labu Bapak Erwan, SKM mewakili pihak Dinkes Kabupaten Bangka Selatan. Pihak Puskesmas dan Desa Tanjung Labu menyambut baik kegiatan ini dan berharap masyarakat Desa Tanjung Labu mendapatkan manfaat yang positif dari kegiatan ini. Kepala Desa Tanjung Labu Bapak Pindo Putra Yandi, SP memberikan sambutan yang hangat untuk rombongan mahasiswa PKL di Tanjung Labu.

Kegiatan PKL dibagi menjadi 3 kegiatan selama 3 minggu. Minggu pertama untuk mengimplementasikan mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan, dilanjutkan minggu kedua mata kuliah Keperawatan Gerontik dan kemudian minggu ketiga untuk mengimplementasikan mata kuliah Keperawatan Keluarga. Pada awal minggu pertama seluruh mahasiswa melakukan pengkajian kepada masyarakat untuk mengetahui karakteristik masyarakat di Desa Tanjung Labu. Hasil pengkajian kemudian dipaparkan dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilakukan di Gedung Pertemuan Desa Tanjung Labu. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Tanjung Labu belum mengetahui secara baik tentang Bantuan Hidup Dasar, Hipertensi, Diabetes Melitus dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan dilakukan oleh mahasiswa Prodi DIII Keperawatan dengan melakukan pemberdayaan terkait pengelolaan sampah yang selama ini belum dilakukan secara maksimal. Selama ini pengelolaan sampah dilakukan secara sederhana dengan membakar dan membuang di halaman. Setelah dilakukan pemberdayaan masyarakat kepulauan masyarakat mulai mengubah pola pengelolaan sampah dengan lebih baik lagi.

   

Selanjutnya di minggu kedua mahasiswa melakukan kegiatan aplikasi mata kuliah keperawatan gerontic. Masing-masing mahasiswa melakukan kunjungan ke rumah warga untuk memberikan asuhan keperawatan kepada warga lansia. Klien lansia diberikan penyuluhan tentang kesehatan yang bermanfaat untuk dirinya. Mahasiswa bersemangat untuk melakukan asuhan keperawatan gerontic kepada klien kelolaanya.

Di minggu ketiga mahasiswa melakukan kegiatan asuhan keperawatan keluarga kepada klien di masyarakat Tanjung Labu. Mahasiswa melakukan pengelolaan keluarga untuk melakukan aplikasi asuhan keperawatan keluarga yang nyata. Mahasiswa juga mengikuti kegiatan kemasyarakatan di Desa Tanjung Labu seperti menghadiri acara pernikahan warga, kerja bakti, kunjungan Puskesmas ke Pulau Kelapan, pawai keliling kampung acara Khataman, dan lain-lain.

 

Pada akhir minggu ketiga kegiatan PKL selesai dilakukan. Penutupan dilakukan di gedung foodcourt Pantai Lampu yang dihadiri oleh tim pembimbing, pihak Dinkes Bangka Selatan, pihak Puskesmas, tokoh masyarakat Desa Tanjung Labu, dan masyarakat Desa Tanjung Labu. Kegiatan PKL ditutup oleh pihak Dinkes Bangka Selatan secara resmi. Secara keseluruhan kegiatan PKL Tanjung Labu berjalan dengan lancar. Prodi DIII Keperawatan Pangkalpinang berterima kasih atas fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Pemerintah Kecamatan Lepar, Puskesmas Tanjung Labu, Desa Tanjung Labu dan seluruh masyarkat Desa Tanjung Labu.